tegalyoso.smartvillage.co.id (22/12/2020) – Untuk pertamakalinya dalam beberapa dekade terakhir, hari ini Selasa 22 Desember 2020  TP. PKK Provinsi Lampung menggelar meeting zoom kolosal yang diikuti oleh 300 desa se-Provinsi Lampung, hal ini mirip dengan sebuah aksi heroik, jika dihitung peserta akan mencapai angka sekitar 1.800 – 3.000 orang.

Pada kesempatan itu, Ketua PKK Provinsi Lampung (Ibu Riana Sari Arinal) menekankan tentang pentingnya ketahanan keluarga sebagai alat untuk mengukur seberapa jauh keluarga telah melaksanakan peranan, fungsi dan tanggungjawabnya untuk mewujudkan kesejahteraan anggotanya menuju keluarga sejahtera dan berkualitas. Hal ini sesuai dengan topik bahasan “Peran Kader PKK dan Kader Dasawisma dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga”. Selain itu, tujuan dari meeting zoom ini adalah merevitalisasi peran TP.PKK dalam mewujudkan tata kelola yang cerdas untuk mencapai Desa Berjaya.

Ketahanan keluarga merupakan tolak ukur dari kesejahteraan masyarakat, dengan semakin meningkatnya ketahanan keluarga akan semakin memperkecil angka kemiskinan dan akan mempercepat proses pembangunan. Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung.

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas PMDT Provinsi Lampung yang disport oleh Official Smart Village Lampung (Davit Kurniawan dkk).

Ketua TP. PKK Desa Tegal Yoso (Ny. Yohana) ketika diminta komentarnya tentang acara hari ini menyampaikan rasa syukurnya dapat mengikuti agenda hari ini, “Acara hari ini sangat menarik, karena tantangan besar kita saat ini adalah bagaimana menjaga generasi muda dan anak-anak kita agar tidak terkontaminasi oleh dampak buruk teknologi. Disinilah ketahanan keluarga memiliki peran penting”, ujarnya.

Kedepannya desa kita selayaknya ada tempat konsultasi keluarga yaitu Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang berfungsi sebagai One Stop Service atau Layanan Satu Pintu yang berbasis Hak Anak untuk meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak serta terciptanya pengasuhan, pendidikan, kesehatan, perlindungan bagi anak dan orang tua guna menunjang tumbuh kembang anak secara optimal. Demikian mengakhiri komentarnya.

 

#smartvillage

#smartvillagelampung

#smartvillagelampungtimur

#smartvillagetegalyoso