tegalyoso.smartvillage.co.id (29/09/2020) Smart Village merupakan sebuah konsep bagaimana suatu desa dapat menyelesaikan berbagai permasalahannya dengan cerdas.

Dalam hal ini Pemerintah Propinsi Lampung melalui Dinas PMD Propinsi benar – benar serius dalam membina agar seluruh desa yang terdapat di Propinsi Lampung dapat menjadi Desa yang smart. Hal ini dibuktikan walaupun ditengah kondisi pandemi covid19 namun Team Smartvillage Propinsi Lampung yang terdiri Ganjar Jationo (kabid), Sulis (Kasi) dan Davit Kurniawan (Koordinator Tim IT Smartvillage) tetap hadir di Kabupaten Lampung Timur tepatnya di Desa Tegal Yoso Kecamatan Purbolinggo.

Dalam acara Bimtek tersebut, hadir pula Kasi PMD Kab. Lampung Timur Bpk. Hendera, Sekretaris Camat Purbolinggo Bpk. Amir Hamzah, Tenaga Ahli, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan 15 Operator Desa se-Kabupaten Lampung Timur.

“Hari ini kita belajar, bukan belajar sih tapi lebih ke sharing bagaimana membangun desa cerdas, cerdas apanya? Cerdas teknologinya, cerdas orangnya, cerdas penata kelolaannya, mudah-mudahan program smartvillage yang akan dilakukan di Lampung Timur Kec. Purbolinggo menjadi momentum bahwa kita lebih smart dari yang lain,” tutur davit. Pada kesempatan yang sama, Ganjar menambahkan “bahwa Konsep Smart Village juga harus didukung oleh beberapa komponen agar penerapannya mampu memberikan dampak positif dan maksimal. Komponen tersebut antara lain Smart Institution, Smart Infrastructure, Smart Service Delivery, Smart Technology and Innovation, dan Smart Societis. Untuk menjalankan segala komponen tersebut dengan baik, dibutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik satu sama lain”

Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan serius dan semangat yang luar biasa, dengan harapan desanya kelak akan menjadi desa yang smart, desa serba digital, dan desa dengan sistem pengadministrasian yang baik, Acara di tutup dengan foto bersama seluruh peserta yang hadir pada bimtek tersebut.