tegalyoso.smartvillage.co.id (25-09-2020); Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Desa merupakan unit terkecil dalam sistem pemerintahan. Desa memiliki peran yang sangat penting untuk pembangunan nasional. Membangun desa berarti juga memulai untuk pembangunan nasional. Terdapat banyak program-program dari pemerintah pusat yang bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan pedesaan. 

Pada hari (Kamis 24/9/2020) di Gedung Perpusdes “Selaras” Desa Tegal Yoso Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur PIC (Person In Charge) Pengembangan Smart Vilage desa Tegal Yoso didampingi oleh Programmer (M. Ikhsan) dan 6 orang Operator Desa mulai merintis Website Desa dengan portal http://tegalyoso.smartvillage.co.id sebagai sarana membangun desa melalui konsep pengembangan Smart Village serta penerapan layanan publik dan administrasi berbasis Information and Communication of Technology (ICT).

Dalam pengarahan dihadapan Tim Smart Village, Eksas Yulianto (Sekretaris Desa) menyampaiakan  “Pada dasarnya, konsep Smart Village merupakan sebuah konsep bagaimana Pemerintah Desa dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dengan cerdas. …” Dengan adanya Smart Village ini, peran pemerintah desa lebih dioptimalkan dengan tujuan agar dapat mengelola sumberdaya desa secara efektif, efisien, dan sustainable, lanjutnya.

Membangun desa dengan konsep Smart Village  tidak hanya berfokus pada penerapan kecanggihan teknologi di desa, tetapi ada hal yang lebih utama, yaitu lebih kepada bagaimana konsep ini mampu mengubah kondisi masyarakat menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera, menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya sebuah inovasi dalam usaha kecil yang berpotensi untuk menciptakan kewirausahaan, dan meningkatkan kualitas pelayanan di desa agar lebih mampu memberikan kenyamanan dan kepuasan pada masyarakat. 

Konsep Smart Village juga harus didukung oleh beberapa komponen agar penerapannya mampu memberikan dampak positif dan maksimal. Komponen tersebut antara lain Smart Institution, Smart Infrastructure, Smart Service Delivery, Smart Technology and Innovation, dan Smart Societis. Untuk menjalankan segala komponen tersebut dengan baik, dibutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik satu sama lain. “Tugas kita bukan menjadikan desa menjadi kota, tetapi cukup apa yang ada di kota ada di desa” Sekretaris Desa Tegal Yoso mengahiri sambutannya. (koresponden: Umi)