tegalyoso.smartvillage.co.id –

Pendamping Profesional P3MD Kabupaten Lampung Timur Restu Nurfitri Hening, SH. (Pendamping Desa Pemberdayaan) Kecamatan Purbolonggo mengungkapkan bahwa Perangkat Desa khususnya di wilayah Kecamatan Purbolinggo wajib lebih meningkatkan kapasitas kinerja sesuai dengan tupoksinya. Pernyataan ini disampaiakan Restu setelah melaksanakan pendampingan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) klarifikasi dan validasi usulan calon penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD), Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) tahun 2021 di Desa Tegal Yoso (Selasa/26-01-2021). Berikut kutipan wawancara kami (koresponden tegalyoso.smartvillage.co.id).

“Apa obsesi mbak Restu tentang desa di wilayah Purbolinggo saat ini….?“

“Terwujudnya Smart Government, saya menginginkan agar desa secara serentak dapat segera mewujutkan Smart Government (pengimplementasian ICT pada layanan publik di bidang pemerintahan secara efektif, red) di desa masing-masing, bukan hanya desa Tegal Yoso… tapi itu cuma salah satunya desa yang sedang merintis kearah Smart Government”.

“Apa yang harus dikerjakan untuk  mewujutkan Smart Government ini….?“

“Perangkat Desa khususnya di wilayah Kecamatan Purbolinggo wajib lebih meningkatkan kapasitas kinerja sesuai dengan tupoksinya”.

“Menurut mbak Restu selaku pendamping Desa, apa kelemahan Pemerintahan Desa yang signifikan…?”

“Pada umumnya Desa belum mampu menghasilkan PAD (Pendapatan Asli Desa, red)”.

“Apa saran mbak Restu…?”

“Kepala Desa beserta jajarannya, bersama-sama dengan Lembaga Desa dan masyarakat desa, selayaknya harus segera memulai menggali potensi desa yang dapat dijadikan sebagai sumber keuangan desa atau PAD. Hal ini menjadi penting  semata-mata untuk mewujudkan desa yang mandiri”.

“Selain peningkatan kapasitas perangkat Desa, adakah hal penting lainnya..?”

“Kepala Desa dan Perangkat Desa harus mampu membangkitkan peningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga atau organisasi dan komunitas-komunitas masyarakat yang ada di desa, agar kedapannya dapat berperan aktif dalam program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa”.

“yang terakhir…, apa kata kuncinya untuk itu..?”

“Fokus dan semangat berdesa” 

Salam berdesa, semoga bermanfaat…[.]

 

 

#smartvillage

#smartvillagelampung

#smartvillagelampungtimur

#tegalyososmartvillage