tegalyoso.smartvillage.co.id –

Forum Sekretaris Desa Se-Kecamatan Purbolinggo bahas Tata Kelola Administrasi Desa pada pertemuan rutin bulanan (Sabtu, 06/02/2021) bertempat di kediaman sekretaris Desa Taman Cari. Topik ini sengaja dipilih agar Sekretaris Desa memiliki kemahiran untuk meningkatkan manajemen pemerintahan desa, karena penataan administrasi perlu dilakukan agar lebih efektif dan efisien.

Berikut ini adalah hasil diskusi dan sharing Forum Sekretaris Desa yang dapat kami rangkum:

Penataan administrasi merupakan pencatatan data dan informasi dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa. Hal ini dilakukan sebagai pedoman bagi pemerintah desa dalam melakukan kegiatan pencatatan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Tata kelola pemerintahan desa yang baik adalah pengelolaan pemerintahan desa yang menjunjung tinggi transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan kesetaraan / kewajaran, serta berpegang teguh pada aturan dan prosedur yang berlaku. Oleh karena itu, tata kelola pemerintahan desa demi mencapai tertib administrasi desa harus dikuasai dan dipahami oleh penyelenggara pemerintah desa.

Tata kelola pemerintahan desa mencakup pelaksanaan dari tugas, fungsi, kewenangan, hak, dan kewajiban yang dimiliki pemerintah desa dalam hal perencanaan, pelaksanaan pembangunan di desa, khususnya yang berkaitan dengan tata kelola kepemerintahan desa.  Maka peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa bukan semata-mata tugas dari Sekretaris Desa, melainkan seluruh pemangku dan penyelenggara Pemerintah Desa.

Forum Sekretaris Desa adalah media komunikasi yang sangat penting terutama untuk mengentaskan persoalan yang ada di desa, harmonisasi lintas sektor sangat dibutuhkan, mengingat mencapai tujuan harus dilakukan bersama-sama. “Lakukan komunikasi yang baik dengan semua stakeholder, tingkatkan kualitas diri, bangun kerjasama dengan para pihak, agar Visi, cita-cita dan tujuan penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang tertuang dalam RPJM Desa dapat segera diwujudkan“….

Semoga forum-forum desa yang ada, dapat dibangkitkan kembali untuk bersinergi membangun desa [ . ]

 

 

#smartvillage

#smartvillagelampung

#smartvillagelampungtimur

#tegalyososmartvillage