tegalyoso.smartvillage.co.id –

Hari ini (Selasa, 02/03/2021) Kepala Resort Toto Projo Seksi Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Wilayah II Bungur  Taman Nasional Way Kambas Bpk. Sapto Handoko,  berkunjung ke Desa Tegal Yoso Kecamatan Purbolinggo. Kunjungan yang diterima oleh sekretaris desa ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dengan desa penyangga TNWK di Kecamatan Purbolinggo dan sekitarnya dalam rangka bersama-sama mengajak warga masyarakat untuk  memiliki kesadaran menjaga kelestarian Taman Nasional Way Kambas.

Sekretaris Desa menyambut baik hal ini karena kelestarian, ekosistem, serta potensi Hutan TNWK wajib kita jaga dari jamahan orang yang tidak bertanggungjawab baik dari masyarakat sekitar maupun pendatang dari luar daerah, yang melakukan perburuan liar, illegal logging, illegal fishing dan penjamahan lain yang mengancam kelestarian potensi hutan.

“Mohon maaf, ada 3 (tiga) perlakuan masyarakat terhadap hutan Way Kambas yang tidak bisa kami tolerin lagi dan kami harus menindak tegas yaitu, illegal logging, perburuan dan pembakaran hutan” tuturnya mengawali perbincangan.

Illegal logging  

Pembalakan liar atau lebih dikenal dengan illegal logging adalah kegiatan pemanenan pohon hutan, pengangkutan, serta penjualan kayu maupun hasil olahan kayu yang tidak sah dan tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Secara umum, kegiatan ini dilakukan terhadap areal hutan yang dilarang untuk pemanenan kayu. Kegiatan penebangan sudah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Perburuan

Perburuan liar adalah pengambilan hewan dan tanaman liar secara ilegal dan bertentangan dengan peraturan konservasi serta manajemen kehidupan liar. Perburuan liar merupakan pelanggaran terhadap peraturan dan hukum perburuan.

Pembakaran hutan

Jika ditinjau dari segi kelestarian lingkungan hidup, dapat dikatakan tidak ada satupun hal positif yang dihasilkan dari kebakaran hutan. Kemusnahan massal akibat hutan yang terbakar akan memberikan dampak berkepanjangan, baik untuk flora, fauna, maupun ekosistem di sekitarnya. Kebakaran tersebut menimbulkan kerugian yang luar biasa besar, baik dari segi lingkungan, maupun segi ekonomi. Sebab, tingkat kehancuran yang diakibatkan dari suatu hutan yang terbakar sangatlah kompleks.

“terima kasih atas kunjungan dan kerjasmanya, bpk Handoko, bpk Bambang Sugiyarto dan bpk Sabarudin” Sekretaris Desa mengakhiri perbincangan di ruang sekretariat Desa Tegal Yoso hari ini  […]

 

 

#smartvillage

#smartvillagelampung

#smartvillagelampungtimur

#tegalyososmartvillage