BIMTEK Desa Lokus Smart Village Angakatan I telah digelar Oleh Dinas PMDT Provinsi Lampung.

Bimbingan teknis bagi operator desa lokus program smart village Provinsi Lampung angkatan pertama ini diikuti oleh 33 Desa dari 4 Kabupaten antara lain Kabupaten Lampung Barat, Lampung Utara, Lampung Selatan, Tulang Bawang Barat yang secara resmi dibuka Oleh Kepala Dinas PMDT dalam hal ini di wakili oleh Sekretaris Dinas PMDT Prov Lampung di dampingi Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan serta jajaran. Acara yang berlangsung di Yunna Hotel selama dua Hari 9-10 Maret 2021. Meskipun masih dalam masa pandemi covid-19 Bimtek berjalan dengan baik dan tetap menerapkan, mengikuti dan menjalankan prosedur kesehatan yang berlaku dengan pembatasan jumlah peserta yang seharusnya berjumlah 65 peserta dibatasi hanya 33 peserta.

Bimbingan teknis ini diberikan dalam rangka percepatan implementasi program serta sebagai panduan teknis bagi perangkat desa dan operator IT desa lokus agar memiliki pengetahuan dan standar pelaksanaan di desa masing-masing. Program Smart Village Prov Lampung memiliki 3 Pilar utama yaitu :

  • Bidang Pemerintahan : Optimalisasi Sistem Informasi Pemerintahan Desa dan Layanan Administrasi
  • BIdang Ekonomi Kreatif : Optimalisasi Usaha Desa (BUMDes, UKM Desa, Industri Kreatif Desa, Wisata Desa dan Kegiatan Ekonomi Desa Lainnya)
  • Bidang Pemberdayaan : Inkubasi Desa (Pendampingan dalam menemukan berbagai problem desa dan mendesain berbagai solusi, memberdayakan potensi menjadi aksi yang akan diwujudkan dalam Startup Desa)

Dalam kegiatan Bimtek ini fokus pada Optimalisasi Sistem Informasi Pemerintahan Desa dan Layanan Administrasi Warga yang di sampaikan oleh Davit Kurniawan CEO DJCorporation, sebagai Tenaga Ahli IT Program Smart Village Dinas PMDT Prov Lampung, menyampaikan tentan Pentingnya Tata Kelola Administrasi Pemerintahan Desa, dimana Desa sebagai wilayah yang didalamnya ada Pemerintahan yang Mengelola Desa, ada Penduduk yang dilayani dan Pondasinya adalah Administrasi.

Administrasi Pemerintahan Desa meliputi banyak aspek mulai dari Profile Desa, Profile Pemerintahan Desa, Administrasi Penduduk dan Layanan, Administrasi Keuangan hingga Pemetaan Pertanahan di Desa. Seluruhnya wajib dikelola, diadministrasikan, diarsipkan secara Sistem dan Digitalisasi yang terintegrasi tengan Pemerintahan diatasnya yaitu Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi.

narasumber : Davit Kurniawan

Pada pemaparan materi ini para peserta langsung mencoba, mempraktikkan sistem informasi yang digunakan dalam program Smart Village, dijelaskan mulai dari persiapan penerapan sistem, isntalasi, setup, konfigurasi hingga penggunaan sistem dalam pelayanan administrasi warga. Sistem yang digunakan dapat berkerja baik ada internet ataupun di desa tidak memiliki jaringan internet (online-Offline), ini bertujuan agar pelayanan Kepala warga di desa etap dapat berjalan.

Materi BIMTEK :

Implementasi Program SMARTVILLAGE oleh davit kurniawan