Pringsewu, 02 April 2022 – Pemerintah Kabupaten Pringsewu menggelar simulasi e-voting untuk pemilihan Kepala Pekon (Desa) menggunakan teknologi terkini di Aula Rapat Kantor Bupati Pringsewu hari ini. Simulasi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menguji sistem elektronik yang akan digunakan pada pemilihan kepala pekon yang sebenarnya pada bulan mei mendatang.

Acara simulasi ini dihadiri oleh para pejabat pemerintah daerah, anggota komisi pemilihan umum, serta perwakilan dari berbagai elemen masyarakat. Bupati Pringsewu, Hi. Sujadi, menyambut baik inisiatif ini dan berharap bahwa implementasi e-voting akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala pekon.

Peserta simulasi diberikan kesempatan untuk mencoba langsung sistem E-Voting yang telah disiapkan dengan dipandu oleh Yohanes Sulistiono, SE,MM dan Davit Kurniawan, S.Kom, CCNA Selaku Ketua Tim Official Smart Village Lampung dan Ketua Tim Inisiator Implementasi e-Voting berbasis NIK dan e-KTP. Peserta memilih calon kepala pekon (desa) pilihan mereka melalui perangkat elektronik yang disediakan oleh panitia. Hasil pemilihan langsung dihitung secara otomatis, sehingga hasilnya dapat diperoleh dengan cepat dan akurat.

“Jadi, e-Voting bisa kita laksanakan, dengan catatan “Pemerintahan Desa” sudah beres dengan persoalan Administrasi Pemerintahan, Administrasi Penduduk dan Layanan Publik, itulah kenapa kita harus ber-smartvillage dulu.┬áSmart village itu Program Pemerintah Provinsi Lampung, dan kita mengimplementasikannya, kita sedang membangun Desa Berintegritas, Peradaban Baru Digital Desa.” Ungkap, Davit Kurniawan, S.Kom, CCNA.

Simulasi e-voting ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para peserta dapat mengajukan pertanyaan terkait sistem e-voting kepada para pakar teknologi yang hadir. Pemerintah Kabupaten Pringsewu berencana untuk terus memberikan informasi dan pelatihan kepada masyarakat terkait penggunaan e-voting sehingga pemilihan kepala pekon berjalan lancar dan adil pada saat yang akan datang.