Bandar Lampung, 26 Juni 2024 – Keputusan Gubernur Lampung tahun 2021 Nomor : G/71/V.12/HK/2021 tentang Penetapan Lokasi Sasaran Program Smart Village Provinsi Lampung, Menetapkan nama-nama desa/pekon/kampung/tiyuh dalam wilayah Provinsi Lampung sebagai Lokasi dan Sasaran Program Smart Village Provinsi Lampung Tahun 2021 dengan jumlah 130 (seratus tiga puluh) desa/pekon/kampung/tiyuh lokasi sasaran yang terdiri dari total 30 (tiga puluh) desa/pekon/kampung/tiyuh lokasi sasaran sebagai lanjutan program tahun 2020 dan 100 (seratus) desa/pekon/kampung/tiyuh sebagai lokasi sasaran baru untuk tahun 2021 yang tersebar di 13 kabupaten.

130 desa lokus smart village dan desa-kelurahan lainnya yang sebelumnya sudah dipasang sistem lama akan di update dan migrasi ke sistem yang baru. Sistem Informasi Pemerintahan Desa Kelurahan ini telah dirancang dan riset sejak tahun 2021, mulai dibuat pada tahun 2022 dan rencana diimplemtasikan pada akhir tahun 2023 lalu (sedang berjalan). Sistem informasi ini dirancang dan dibuat oleh Tim IT Official Smart Village Dinas PMDT Provinsi Lampung dan kompatibel dengan sistem yang berjalan saat ini dan memiliki fitur yang terintegrasi (Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi).

Bagi kecamatan yang akan mengaktifkan Dashboard Kecamatan dapat menghubungi Bagian IT Official Smart Village. Selama proses migrasi 130 desa lokus akan dikunjungi oleh Tim IT Official Smart Village yang memastikan proses update migrasi berjalan dengan lancar dan dapat diaplikasikan dengan baik.

Berikut lampiran SK Lokus Smart Village Lampung 2021