Pringsewu, 20 April 2022 – Sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Pekon Serentak secara e-Voting di Kabupaten Pringsewu, Pemkab Pringsewu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon setempat mengadakan bimtek, sosialisasi serta simulasi. 

Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Pringsewu Fauzi di Aula Paris, Kabupaten Pringsewu, diikuti sebanyak 110 orang peserta, terdiri dari 10 orang tim teknis inti dan 100 orang tim teknis lapangan, dengan narasumber dari tim teknis e-Voting Smart Village Provinsi Lampung dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pringsewu.

Peserta simulasi diberikan kesempatan untuk mencoba langsung sistem E-Voting yang telah disiapkan dengan dipandu oleh Yohanes Sulistiono, SE,MM dan Davit Kurniawan, S.Kom, CCNA Selaku Ketua Tim Official Smart Village Lampung. Peserta memilih calon kepala pekon (desa) pilihan mereka melalui perangkat elektronik yang disediakan oleh panitia. Hasil pemilihan langsung dihitung secara otomatis, sehingga hasilnya dapat diperoleh dengan cepat dan akurat.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan para tim teknis inti dan tim teknis lapangan dalam pelaksanaan pemilihan kepala pekon secara e-Voting, khususnya dalam penyiapan perangkat e-Voting, mekanisme kerja perangkat serta mengantisipasi permasalahan yang menyangkut gangguan teknis di lapangan.