Ada hal menarik pada pelatihan Smart Village Batch VII kali ini, pelatihan yang telah berlangsung di hotel Grand Kutilang Bandar lampung pada tanggal 05 sampai dengan 07 Agustus 2022 telah dihadiri 6 desa dari kecamatan Jabung Lampung Timur. 6 desa yang telah hadir dari kecamatan Jabung tersebut adalah desa yang telah secara serius berusaha mengubah citra negatif yang melekat pada kecamatan mereka, 6 desa ini melawan dan yakin bahwa kecamatan mereka pada akhirnya akan terlepas dari citra buruknya dengan ikut terlibat ke dalam program Smart Village.

Desa Belimbing Sari, Adirejo, Mumbang Jaya, Tanjung Sari, Gunung Mekar, dan Adi Luhur adalah ke-6 desa yang datang dari kecamatan Jabung Lampung Timur, selain 6 desa tersebut terdapat desa lain juga yang telah mengikuti pelatihan, yaitu desa Mekar Karya, Tanjung Wangi dari Kec. Waway Karya Lampung Timur, desa Braja Asri, Braja Emas, dan Labuhan Ratu Baru dari Kec. Way Jepara, Kampung Rantau Jaya Baru dari Kec. Putra Rumbia, Bina Karya Putra dari Kec. Rumbia, dan Kampung Gaya Baru III, Gaya Baru VI, Rawa Betik, Mataram Illir, Sumber Katon Gaya Baru VII dari Kec. Seputih Surabaya Kab. Lampung Tengah. Seluruh desa yang mengikuti pelatihan Smart Village dengan tema “Implementasi Program Smart Village (Integrasi Sistem Informasi Kampung Dan Kecamatan) adalah sebanyak 19 desa yang datang dari kabupaten Lampung Timur dan Lampung Tengah.

Pelatihan ini sangat menguras energi dan konsentrasi para peserta, 3 hari pelatihan yang telah dilalui oleh peserta adalah hari-hari yang sangat padat akan pengetahuan tentang bagaimana desa dapat melakukan pelayanan yang optimal, cepat, efektif, efisien dan fleksibel untuk dapat menyampaikan layanan dengan sebaik-baiknya pada masyarakat desa yang berbasis digital. Peserta tidak hanya mampu menjalankan program Smart Village pada pemerintah desanya, akan tetapi juga mampu menularkan keahlilannya pada seluruh perangkat desa, sehingga tugas dan tanggung jawab yang telah melekat pada perangkat desa dapat berjalan dengan lebih baik dengan penerapan program Smart Village. Jika pelatihan dengan konten pengetahun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya adalah materi atau moment yang ditunggu-tunggu oleh 6 desa dari Kec. Jabung, tentu persepsi kita akan berubah terhadap Kecamatan tersebut, citra baru yang hadir adalah Jabung telah berubah, Jabung adalah Kecamatan dengan desa-desa yang mampu melaksanakan tugas pemerintahnya secara digital, dan desa di Jabung hari ini juga Smart Village (Desa Cerdas).