Bandar Lampung – Pada hari senin tanggal 13 Maret sampai dengan 15 Maret 2023, Dinas PMDT Prov. Lampung menyelenggarakan pelatihan di Bandar Lampung, tepatnya di Hotel Yuna Teluk Betung Bandar Lampung. Kegiatan ini berjalan selama 3 hari yang bertujuan untuk memberikan pembekalan pada 22 peserta yang berasal dari Kabupaten di Lampung (Pringsewu, Lampung Selatan, Tanggamus, Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang Bawang Barat, Mesuji, Lampung Utara, dan Pesawaran), dengan materi (1) Bina Suasana dan Orientasi Belajar, (2) Metode Pelatihan, (3) Implementasi Aplikasi Desa, (4) Praktek fasililtasi, (5) Pembulatan, (6) dan Post Test.

Kegiatan TOT ini berdasarkan pada Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 10 Tahun 2022 Tanggal 16 Desember 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2023 dan Peraturan Gubernur Lampung Nomor 38 Tahun 2022 Tanggal 16 Desember 2022 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daeerah Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2023. Anggaran 2023 oleh pemerintah Provinsi yaitu berupa bantuan keuangan/ hibah kepada seluruh desa dan kelurahan se-Provinsi Lampung, yang ditujukan untuk Penguatan Kapasitas Aparatur Desa dalam Implementasi Program Smart VillageProvinsi Lampung.

Kegiatan TOT tersebut bertujuan untuk menyiapkan 22 peserta TOT menjadi pelatih atau fasilitator yang siap, menjadi bagaian dari implementasi kegiatan Penguatan Kapasitas Aparatur Desa, sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik. Dalam proses pelaksanaan TOT tersebut peserta diberikan pembekalan oleh para pakar dari pemerintahan dan praktisi atau aktivis desa, yang antara lain yaitu; I Wayan Gunawan, SE (Sekretaris Dinas PMDT Provinsi Lampung), Yohanes Sulistiono, SE., MM, Ulfa Novita Fikri, S.STP., MH, M. Aziz Satria Jaya, SE., M.Si dari PMDT Provinsi, dan Davit Kurniawan (Pegiat Desa dan Sistem Analis).