Bandar Lampung, 13 Oktober 2023 – Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Lampung telah melaksanakan kegiatan “Pembahasan Hasil Pembinaan Program Desa Cantik 2023” di Ruang Vicon Kantor BPS Provinsi Lampung bersama 30 desa Lokus program Desa Cantik.

Provinsi Lampung telah berhasil mengintegrasikan Sistem Informasi Desa Terpadu (Metadesa) dengan Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung bekerjasama dengan Dinas PMDT Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) dan Tim Smartvillage Provinsi Lampung. Integrasi ini bertujuan untuk mempermudah pengumpulan, analisis, dan penggunaan data statistik di tingkat desa, yang akan mendukung perencanaan pembangunan dan pengambilan kebijakan yang lebih efektif.

Program Desa Cantik yang sudah terintegrasi ini memberikan akses langsung kepada operator desa smartvillage untuk menginput data statistik seperti jumlah penduduk, mata pencaharian, produk domestik berita, dan lainnya melalui Sistem Informasi Desa Terpadu (Metadesa) sesuai dengan data penduduk terupdate yang dimiliki desa. Hal ini akan membantu BPS dalam mengumpulkan data yang akurat dan up-to-date dari seluruh desa di Provinsi Lampung.

Data statistik ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan di tingkat desa dan merumuskan kebijakan yang lebih tepat sasaran. Hasil analisis data ini juga akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam memajukan pembangunan di tingkat desa, memastikan alokasi sumber daya yang lebih efisien, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa. Selain itu, dengan akses yang lebih mudah ke data statistik, masyarakat desa juga dapat lebih aktif terlibat dalam perencanaan dan pemantauan pembangunan di daerah mereka.

Link Desa Cantik Lampung : desacantiklampung.metadesa.id