Raman Utara, 12 Oktober 2023 – Pemerintah Provinsi Lampung melaunching program Warung Sehat Berjaya, di Desa Raman Endra, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur.

Launching program Warung Sehat tersebut dilakukan melalui kerjasama Bumdes Endra Mulya menjadi mitra binaan PT. Kimia Farma Apotek.

Gubernur Arinal menjelaskan, pada pertengahan Tahun 2023 ini telah dikembangkan inovasi usaha “Warung Sehat” buat pelayanan obat dan lainnya melalui Badan usaha Milik Desa (BUM Desa) bekerja sama dengan PT. Kimia Farma Apotek.

program Warung Sehat melalui Badan usaha Milik Desa ini mendukung program pemerintah dengan adanya integrasi link program sehat berjaya dengan akun Lampung sehat yang ialah penemuan terbaru dan pertama pada Indonesia pada rangka penurunan angka stunting, hadiah layanan kesehatan kepada rakyat serta penyediaan produk kesehatan rakyat untuk memenuhi kebutuhan obat, vitamin, perlengkapan bayi dan lain-lainnya bagi masyarakat yang tinggal pada desa-desa.

Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung, Zaidirina melaporkan, selain launching yang dilaksanakan pada Bumdes Endra Mulya, launching Warung Sehat juga dilakukan pada Bumdes Maju Sentosa, Kampung Bangun Rejo Lampung Tengah.

Selain itu, juga ada 6 Bumdes yang segera merealisasikan acara Warung Sehat sebagai Bumdes layak Warung Sehat hasil survey tim bersama Kimia Farma pusat dan Dinas PMDT Provinsi Lampung.

Zaidirina juga melaporkan, 139 Bumdes dan 77 Bumdes bersama sudah mendaftar untuk mengikuti program Warung Sehat. Kedepan Zaidirina menargetkan, 1000 Bumdes akan ikut bergabung ke dalam program ini.

Sementara itu, Direktur utama PT Kimia Farma Apotek (KFA) Agus Chandra juga mengungkapkan bahwa launching Warung Sehat ini merupakan kerjasama yang pertama kali dengan Pemerintah Provinsi di Indonesia. Ia berharap, launching Warung Sehat ini bisa direplikasikan ke seluruh Indonesia.

“Kami memilih Lampung sebagai launching yang pertama di Indonesia dan kami harapkan dapat menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada di seluruh Indonesia,” ucap Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek.

Pada kesempatan ini juga, Ketua Tim Ketua Tim Official Smart Village Lampung menjelaskan fitur-fitur yang tersedia di website Sehat Berjaya dan mensimulasikan alur pelayanan Warung Sehat.

“Beberapa fitur dari Link Sehat Berjaya seperti layanan konsultasi kesehatan dan layanan apotek melalui live chat yang terintegrasi dengan Puskesmas dan Warung Sehat setempat serta katalog obat. Pada website tersebut warga dapat melakukan pelayanan dengan memilih fitur obrolan dan mengisi data ingin berkonsultasi dengan dokter atau apotek, lalu warga melakukan konsultasi secara live chat. Setelah konsultasi, warga dapat menebus obat atau produk kesehatan sesuai rujukan dari dokter ke Warung Sehat.”Jelasnya.

#warungsehat #smartvillage #smartvillagelampung #djcorp #desadigital #mulaidaridesa