Bandar Lampung, 25 Oktober 2023 – Program Smart Village merupakan perwujudan dari janji kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yaitu janji kerja ke 30, Sebagai upaya mewujudkan visi “RAKYAT LAMPUNG BERJAYA” melaui misi ke-2 dan misi ke-5 Lampung memiliki potensi cukup besar dengan 13 kabupaten, 2 kota, 229 kecamatan, 2.435 desa dan 205 kelurahan yang masing-masing mempunyai sumber daya yang berbeda beda. Dan ini menjadi tantangan tersendiri dalam upaya pengembangan potensi di Lampung melalui program Smart Village ini.

Implementasi Smart Village di Provinsi Lampung berpijak pada 3 pilar utama yang akan dapat mewujudkan desa yang cerdas yaitu:
Pilar 1 : Smart Government :  mewujudkan pemerintahan desa yang prima dalam adminstrasi dan pelayanan.
Pilar 2: Smart Economy : menciptakan ekonomi kreatif yang maju berbasis IT.
Pilar 3: Smart People : meningkatkan kualitas SDM di desa melalui Inkubasi Desa untuk menjamin keberlangsungan kemandirian desa.

Smart Village Lampung telah berjalan dari tahun 2020 sampai 2023 atau selama 3 tahun ini. Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang, kebutuhan desa dan instansi pemerintahan pun perlu disesuaikan. Oleh karena itu, program Smart Village perlu melakukan pembaruan (update) sistem secara berkala.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung telah mengadakan Training of Trainer (TOT) kepada 60 peserta guna mempercepat proses Bimbingan Teknis kepada 2640 desa dan kelurahan yang akan dilaksanakan pada bulan November dan Desember 2023 terkait dengan Update dan Migrasi Sistem Informasi Desa Kelurahan Terpadu dari Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi. Sistem akan dibagikan secara gratis kepada seluruh desa dan kelurahan se-Provinsi Lampung.

Untuk mendapatkan Sistem Informasi Desa Terpadu, silahkan pengelola meregistrasikan Desanya di link berikut:
s.id/registrasiUlangSV

#smartvillage #smartvillagelampung #desaberjaya #mulaidaridesa #metadesa