Gambar : Tampilan Awal Sistem Informasi Desa terpadu (Metadesa)

Bandar Lampung, 03 November 2023 – Program Smart Village adalah salah satu upaya pemerintah provinsi Lampung untuk memastikan bahwa desa-kelurahan di provinsi ini memiliki akses dan manfaat dari teknologi informasi yang berkualitas. Salah satu langkah penting dalam mencapai tujuan ini adalah melalui pengembangan, pembaruan, dan migrasi Sistem Informasi Desa Terpadu.

Sistem Informasi Desa Terpadu adalah fondasi teknologi yang mendukung pengelolaan data dan layanan di tingkat desa-kelurahan. Yang mencakup informasi administrasi desa, data kependudukan, catatan keuangan, layanan serta informasi lainnya dan program pemerintah yang diselenggarakan di desa-kelurahan tersebut. Sistem Informasi Desa Terpadu yang akan diimplementasikan di 2640 desa kelurahan provinsi lampung pada bulan November dan Desember 2023 ini melalui kegiatan Bimbingan Teknis dengan narasumber yang sudah di Training of Trainer (TOT) oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung.

Metadesa merupakan nama dari Sistem yang terkini, merupakan update Integrasi Sistem Informasi Desa Terpadu yang akan di implementasikan diakhir tahun 2023 ini. Metadesa kompatibel dengan sistem yang berjalan dan memiliki fitur yang terintegrasi (Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi) dan terintegrasi juga dengan :

  1. Desa Cantik (BPS)
  2. BKKBN
  3. DTKS
  4. Regsosek
  5. Siskeudes
  6. SGDs
  7. Capil
  8. BPBD
  9. BUMDes : Warung Sehat (Kimia Farma), eSamdes, Desa Mart
  10. Babinsa-Babinkamtibmas
    Dan masih ada beberapa fitur lainnya yang dalam pengembangan.

Untuk mendapatkan Sistem Informasi Desa Terpadu (Metadesa), silahkan meregistrasikan Desanya di link berikut :
s.id/registrasiUlangSV