Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan keterbukaan informasi, Dinas PMDT Provinsi Lampung telah meluncurkan tampilan baru untuk website Sistem Informasi Desa Terpadu (Metadesa) dengan nama NeuroFundamental. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Dinas PMDT Provinsi Lampung dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung pengembangan desa-desa di wilayah Lampung.

Tema NeuroFundamental hadir dengan antarmuka yang user-friendly berdasarkan riset yang telah dilakukan selama terlaksananya program smart village, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses informasi terkait program-program monografi desa, data statistik, dan berbagai layanan yang disediakan oleh Dinas PMDT. Selain itu, NeuroFundamental juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti peta interaktif, visualisasi data, dan integrasi dengan media sosial, sehingga memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Dengan kehadiran Metadesa, diharapkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa akan semakin meningkat. Melalui akses yang lebih mudah dan informasi yang lebih transparan, diharapkan masyarakat dapat turut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program desa, sehingga tercipta sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan desa yang mandiri dan maju.

Sistem metadesa kompatibel dengan Sistem yang sedang berjalan saat ini dan akan dimigrasi pada saat Bimbingan Teknis ke Sistem Metadesa yang dibagikan gratis difasilitasi oleh Dinas PMDT Provinsi Lampung.

Selain itu, sistem metadesa juga menjadi wujud nyata dari komitmen Dinas PMDT Provinsi Lampung dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) melalui pemanfaatan teknologi informasi. Dengan adanya sistem metadesa, diharapkan proses pengelolaan data dan informasi terkait pembangunan desa akan menjadi lebih efisien dan akurat, sehingga kebijakan-kebijakan yang diambil dapat lebih tepat sasaran dan berdampak positif bagi masyarakat desa.