Bandar Lampung, 21 Desember 2023 – Berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung tahun 2021 Nomor : G/71/V.12/HK/2021 tentang Penetapan Lokasi Sasaran Program Smart Village Provinsi Lampung, Menetapkan nama-nama desa/pekon/kampung/tiyuh dalam wilayah Provinsi Lampung sebagai Lokasi dan Sasaran Program Smart Village Provinsi Lampung Tahun 2021 dengan jumlah 130 (seratus tiga puluh) desa/pekon/kampung/tiyuh lokasi sasaran yang terdiri dari total 30 (tiga puluh) desa/pekon/kampung/tiyuh lokasi sasaran sebagai lanjutan program tahun 2020 dan 100 (seratus) desa/pekon/kampung/tiyuh sebagai lokasi sasaran baru untuk tahun 2021 yang tersebar di 13 kabupaten.

130 desa lokus smart village yang sebelumnya sudah dipasang sistem akan dimigrasi ke Sistem Informasi Desa Terpadu (Metadesa). Metadesa merupakan nama dari Sistem yang terkini, merupakan update Integrasi Sistem Informasi Desa Terpadu yang di implementasikan diakhir tahun 2023 ini. Metadesa kompatibel dengan sistem yang berjalan saat ini dan memiliki fitur yang terintegrasi (Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi).

Proses migrasi sistem 130 desa lokus smart village dibagi dua tahap,
Tahap pertama Akan dilakukan migrasi pada : Desember 2023 (sedang berjalan)

  1. Kabupaten Pringsewu
  2. Kabupaten Lampung Selatan
  3. Kabupaten Pesawaran
  4. Kabupaten Tanggamus
  5. Kabupaten Lampung Timur
  6. Kabupaten Tulang Bawang

Tahap Kedua dilanjutkan : Januari 2024

  1. Kabupaten Tubaba
  2. Kabupaten Mesuji
  3. Kabupaten Lampura
  4. Kabupaten Way Kanan
  5. Kabupaten Lambar
  6. Kabupaten Pesibar
  7. Kabupaten Lamteng

Selama proses migrasi 130 desa lokus akan dikunjungi oleh Tim Official Smart Village yang memastikan proses migrasi berjalan dengan lancar dan dapat diaplikasikan dengan baik. Untuk migrasi sistem Kota Bandar Lampung dan Kota Metro dilaksanakan bersamaan dengan jadwal Peningkatan Kapasitas Program Smart Village.

Berikut lampiran SK Lokus Smart Village Lampung 2021